Lirik Lagu “Hanya Rindu”: Analisis Stilistika Dan Pemaknaannya

Authors

  • Bonar Tinambunan Universitas Langlangbuana

DOI:

https://doi.org/10.59581/jpkf-widyakarya.v1i1.123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mengkaji makna yang terdapat pada lirik lagu “Hanya Rindu” pada album anmesh kamaleng (2) penggunaan stilistika yang terkandung di dalam lirik lagu “ hanya rindu” pada album  Andmesh Kamaleng. Peneliti tertarik menganalisis diksi dan stilistika pada lirik lagu  hanya rindu ini karena ingin mengetahui apa makna yang terkandung dalam lirik lagu tersebut.dan anmesh kamaleng ini dia adalah salah satu penyanyi dan pencipta lagu yang  mempunyai cara tersendiri atau ciri khas tersendiri dalam menyampaikan atau mengarang sebuah lagu. Makna adalah pengertian yang diberikan kepada suatu bentuk kebahasaan,setiap kata saling berkaitan satu sama lain. Stilistika adalah  pemanfaatan kekayaan bahasa dalam berbicara maupun menulis guna untuk memperoleh efek efek tertentu yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup dan untuk mempengaruhi atau meyakinkan seorang pembaca atau penyimak tersebut.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa dokumen yang berisi tentang lirik lagu hanya rindu dari album Andmesh Kamaleng.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik menyimak dan mencatat. Dalam lirik lagu hanya rindu ini mengandung tiga macam makna yaitu makna denotasi,konotasi dan mitos. Stilistika yang digunakan oleh pengarang yaitui 3 ragam stilistika yang masuk pada lirik lagu ini, yakni: stilistika perbandingan, stilistika pertentangan, dan stilistika perulangan.

References

Agustina, N., Sudradjat, R. T., & Isnaini, H. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA PADA PUISI “DALAM DOA: II” KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(5).

Aribawa, Praja. (2010). Diksi dan StilistikaPada Lirik Lagu PopD’Masif. Skripsi. Surakarta:

Universitas Sebelas Maret.

Asngadi Rofiq, K. A. N. (2021). Proses Morfologis Reduplikasi dalam Buku Generasi Optimis

Karya Ahmad Rifa‟i Rif‟an. PENEROKA, 1(01), 42–59

Chaer, Abdul. (2002). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, Eni Tri. 2011. Analisis Diksi dan StilistikaDalam Lirik Lagu Tembang

Kenangan Ciptaan Koes Plus. Skripsi. Surakarta: Univeritas Muhammadiyah Surakarta.

Isnaini, H. (2022a). Citra Perempuan dalam Poster Film Horor Indonesia: Kajian Sastra Feminis. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, Volume 9, Nomor 2, 55-67.

Isnaini, H. (2022b). Suwung dan Metafora Ketuhanan pada Puisi "Dalam Diriku" Karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Telaga Bahasa: Balai Bahasa Gorontalo, Volume 10, Nomor 1, 22-31.

Isnaini, H. (2023). Semesta Sastra (Studi Ilmu Sastra): Pengantar Teori, Sejarah, dan Kritik. Bandung: CV Pustaka Humaniora.

Isnaini, H. (2021). Tafsir Sastra: Pengantar Ilmu Hermeneutika. Bandung: Pustaka Humaniora.

Khofifah, Sukmah. (2019). Analisis Diksi Pada Teks Lagu Album ‘Aku Ingin Pulang’ Karya Ebiet

G. Ade. Skripsi. Sulawesi: Universitas Tadulako.

Kushartanti, dkk. (2009). Pesona Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. (2000). Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Lestari, Nency Ugi. (2019). Penggunaan Diksi Dan StilistikaOleh Anggota Dewan

Perwakulan Rakyat Republik Indonesia Periode 2014-2019. Skripsi. Jember: Universitas

Moleong, Lexy. (2005). MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Ratna, Nyoman Kutha. (2016). Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Saraswati, Rizkika. (2017). Analisis Diksi Dan StilistikaDalam Lirik Lagu-Lagu Grup Band

Sheila On 7 dan Nilai Pendidikan Karakter Serta Relevansinya Sebagai Sumber Materi

Ajar di SMP Negeri 2 Karanganyar. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sunarti, S., Yusup, M., & Isnaini, H. (2022). NILAI-NILAI NASIONALISME PADA PUISI “DONGENG PAHLAWAN” KARYA WS. RENDRA. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(4), 253-260.

Suryawin, P. C., Wijaya, M., & Isnaini, H. (2022). Tindak Tutur (Speech Act) dan Implikatur dalam Penggunaan Bahasa. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniiora dan Ilmu Pendidikan, Volume 1, Nomor 3, 29-36.

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Bonar Tinambunan. (2023). Lirik Lagu “Hanya Rindu”: Analisis Stilistika Dan Pemaknaannya. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(1), 01–07. https://doi.org/10.59581/jpkf-widyakarya.v1i1.123