Analisis Mekanisme Pembagian Komisi Penjualan Barang Konsinyasi Pada Pelaku Usaha Makanan Ringan Desa Sidodadi, Sekampung, Lampung Timur

Authors

  • Carmidah Carmidah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Asnanil Khoiriyyah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Carissa Laura Eka Putri Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Ma’rifatul Fuadah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Yusuf Abdurrahman Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v2i1.2319

Keywords:

sales, consignment, commission

Abstract

This research was conducted to analyze the mechanism for distributing commissions for sales of consignment goods to snack business actors in Sidodadi Village, Sekampung, East Lampung. Research was conducted on two cassava cracker making home industries, namely the Pelangi Cassava Cracker Home Industry and the Satria Cassava Cracker Home Industry which implemented a consignment sales system. Data was obtained through interviews with business owners. The research results show that there are differences in basic prices and commissions between the two home industries which are influenced by several factors. The recording system for consignment sales has not been fully implemented. It was concluded that the commission distribution mechanism had been carried out based on an agreement, but consignment accounting records had not been implemented completely.

References

Aulia, Zulfi, Asrofi Langgeng Noermansyah, and Dewi Kartika. n.d. “Prosiding Zulfi Aulia-1.” 1–8.

Cahyana, Dian, Nurul Isnaini, and Carmidah. 2023. “Mekanisme Penjualan Produk Dengan Sistem Konsinyasi Pada Pelaku Usaha Keripik Singkong Di Desa Sendang Agung Bandar Mataram.” Cemerlang : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis 3(2):1–7.

Cheng, William. 2017. “Margin Yang Didapatkan Consignee Dari Consignor Adalah Berdasarkan Barang Konsinyasi Yang Terjual Yang Nantinya Akan Dipotong Dari Hasil Penjualan .” 2(1).

Dewi, SE., Ak., M.Ak., CA, Hayuningtyas Pramesti, and Riri Oktaviani. 2019. “Analisis Pengakuan Pendapatan Penjualan Konsinyasi Dan Biaya Penjualan Untuk Akuntabilitas Laporan Keuangan Pada Pt Bumi Aksara Group.” Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana 6(3):8–13. doi: 10.35137/jabk.v6i3.321.

Hermelinda, Tuti. 2020. “Akuntansi Konsinyasi Pada Toko Asrif Jati Curup.” Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Teknologi Informasi Akuntansi 1(2):119–31. doi: 10.36085/jakta.v1i2.1014.

Jasmalinda. 2021. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha Di Kabupaten Padang Pariaman.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(10):2199–2205.

Karlina, Rani, Chairun Nas, and Safitri Akbar. 2023. “Aplikasi Pencatatan Akuntansi Untuk Penjualan Konsinyasi Pada Mall UKM Di DKUKMPP Menggunakan Metode Netto Berbasis Web.” Jurnal Manajemen Sistem Informasi 1(3):89–96. doi: 10.51920/jurminsi.v1i3.189.

Musofa Ahmad, Kerjasama, Akuntansi. n.d. Bisnis Dan Penjualan Non Reguler.

Mesra, Romi, Yummy Jumiati Marsa, and Mardiati Etika Putri. 2021. “Pola Interaksi Pedagang Konsinyasi Dengan Pemilik Warung Di Kecamatan Tondano Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 5(3):166–75. doi: 10.36312/jisip.v5i3.2104.

Ningrum, Aas Rianti. 2018. “Analisis Metode Pencatatan Penjualan Konsinyasi Dalam Menentukan Laba Pada Koperasi Unit Desa (Kud) Tani Wilis Sendang Tulungagung.” Jurnal Universitas Nusantara 1(69):5–24.

Astuti Puji, Konsinyasi, Pada Klinik Opina. 2001. “Journal of Accounting & Economics.” Accounting, Organizations and Society 26(4–5):472. doi: 10.1016/s0361-3682(01)00013-7.

Ambar Anggraini, et.Al. ‘Analisis Penjualan Konsinyasi Pada Usaha Rumahan Produk Kerupuk Sugianti Di Raman Utara Kabupaten Lampung Timur’ Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, Vol.1 No.3 (2022): 222–230. Https://Doi.Org/10.55606/Jupiman.V1i3.931.” Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen 1(3):222–30.

Shonhadji, Nanang. 2019. “Modul Akuntansi Keuangan Lanjutan.” STIE Perbanas Surabaya 1–222.

Sunani, Avi, and Moch Bisyri Effendi. 2022. “Pendampingan UMKM Toko Dias Jagir Wonokromo Surabaya Jawa Timur Dalam Penyusunan Laporan Penjualan Konsinyasi.” Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia 2(4):1243–48. doi: 10.54082/jamsi.407.

Suzi Suzana. 2022. “Akuntansi Penjualan Konsinyasi Terhadap Perolehan Laba Pada Perusahaan Surya Topan Banjarbaru.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 8(2):378–85. doi: 10.35972/jieb.v8i2.771.

Trivena, Maharani Shinta, Yulistyawati Tri Evelina, and Boedhi Eko Santoso. 2021. “Model Pengembangan Sistem Penjualan Konsinyasi Pada UMKM Di Kota Malang Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dan Kelancaran Pembayaran.” Seminar Nasional Administrasi Bisnis Dan Manajemen 6(September):1–6.

khosatun Nisa, Umkm, Konsinyasi, and Lapis Tugu. 2023. “Pengelolaan Manajemen Dan Akuntansi Barang Konsinyasi Umkm Lapis Tugu Surabaya.” 2(1):41–51.

Zulfa Fauziah Syarif, Ristandela Valentia, Dwi Aprianti, Dilah Berlian Permata, Arni Fransisca, and Carmidah Carmidah. 2022. “Mekanisme Pembagian Komisi Penjualan Barang Konsinyasi Produk Gas Lpg Di Toko Yurika Kabupaten Lampung Timur.” Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen 1(3):231–37. doi: 10.55606/jupiman.v1i3.932.

Prananingrum et al. 2023 Prananingrum, Dwi Kartika, Nunut Asniar, Siska Sanjahaya, and Salfin. 2023. “Pendampingan UMKM Toko Marsya Kendari Dalam Penyusunan Laporan Penjualan Konsinyasi.” 2(4):4–9.

Prananingrum, Dwi Kartika, Nunut Asniar, Siska Sanjahaya, and Salfin. 2023. “Pendampingan UMKM Toko Marsya Kendari Dalam Penyusunan Laporan Penjualan Konsinyasi.” 2(4):4–9.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Carmidah Carmidah, Asnanil Khoiriyyah, Carissa Laura Eka Putri, Ma’rifatul Fuadah, & Yusuf Abdurrahman. (2023). Analisis Mekanisme Pembagian Komisi Penjualan Barang Konsinyasi Pada Pelaku Usaha Makanan Ringan Desa Sidodadi, Sekampung, Lampung Timur. Jurnal Akuntan Publik, 2(1), 23–36. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v2i1.2319