Strategi Komunikasi BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) Melalui Program Keluarga Berencana

Authors

  • Holiseh Holiseh Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Evi Satispi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Diaz Tarakarti Gusman Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Shafira Azahra Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Risya Amalia Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i2.310

Keywords:

Communication Strategy, BKKBN, Family Planning,

Abstract

This journal discusses the Government's Communication Strategy through the Family Planning Program. This study aims to provide knowledge about communication strategies for family planning programs to the community. The research method used is a qualitative approach with a descriptive method. The data sources in this study were obtained from references such as journals, books, and other written sources. The results of the family planning program is an activity held by the BKKBN which is a communication medium to become a medium for disseminating the family planning program. This family planning program needs to be well communicated and socialized, so that the younger generation of Indonesia in particular really gain knowledge and have attitudes in accordance with what is desired by the BKKBN. Therefore, a good communication strategy is needed so that the message to be conveyed to the younger generation can be received and realized properly. conclusions regarding the communication strategy of the BKKBN in the Family Planning program to the community to form community awareness itself through a communication strategy.

References

Buku

Berger, C dkk. 2014. Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Nusa Media.

Cangara, H. 2013. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jurnal

Amalini, Melly Putri. 2019. “Strategi Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasoinal ( Bkkbn ) Dalam Meningkatkan Pengguna Program Di Kota Samarinda.” 7(3): 1379–90.

Aji, Maulana Satria, Gita Putra, and Heru Yudianto. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat ‘ Kampung KB ’ Ditinjau Dari Perspektif Ottawa Charter.” 8(2): 206–18.

Ernayanti, Ega, Iman Mukhroman, and Ail Muldi. 2020. “Strategi Komunikasi Perwakilan BKKBN Provinsi Banten Dalam Pengendalian Penduduk Di Provinsi Banten.” Journal of Scientific Communication (Jsc) 1(2): 111–21.

M. Asrar As , Anwar Parewangi, Ruskin Azikin. 2020. “Strategi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Dalam Pelaksanaan Program Kampung KB Di Desa Lipukasi Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.” jurnal unismuh 1.

Prasanti, Ditha. 2018. “Hambatan Komunikasi Dalam Promosi Kesehatan Program Keluarga Berencana (Kb) Iud Di Bandung.” (1).

Rahman, Asep. 2019. “Pengaruh Komunikasi Petugas Lapangan Kb (Plkb) Terhadap Partisipasi Pasangan Usia Subur Dalam Penggunaan Alat Kontrasepsi Di Desa Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran.” jurnal moderat 5: 131–42.

Setyorini, Retno Heru et al. 2020. “Proses Komunikasi Informasi Edukasi Pada Program Keluarga Berencana.” 8: 1–10.

Sri, Lina et al. 2019. Journal of Rural and Development Volume VI Studi Komparatif Strategi Komunikasi Program Keluarga Berencana Sebelum Dan Setelah Otonomi Daerah Di Kota Surakarta.

Sukardi. 2018. “Audit Komunikasi Program Komunikasi, Informasi Dan Edukasi (KIE) Keluarga Berencana Pada Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat.” Jurnal Komunikasi KAREBA 7(2): 264–74. http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/6963.

Welda Yulia, Ernita Arif. 2021. “Pelaksanaan Komunikasi Informasi Edukasi (Kie) Kb Mkjp Di Kabupaten Sijunjung.” 2(1): 19–33.

Siak, D I Kabupaten. 2017. “Strategi Komunikasi Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Dalam Mewujudkan Program Kabupaten Layak Anak Di Kabupaten Siak.” JOM FISIP 4(1): 1–15.

Afiyanti, Yati. 2014. “Penggunaan Literatur Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Keperawatan Indonesia 9(1): 2003–6.

BKKBN. 2021. “Pendataan Keluarga.”

Budisantoso, I. 2008. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Partisipasi Pria Dalam Keluarga Berencana Di Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul.” Program Pasca Sarjana Promosi Kesehatan FKM UNDIP.

Ekawati, Rindang, and Niken F Ernungtyas. 2006. “Efek Iklan Televisi Program Keluarga Berencana.” (1): 12–24.

Pantow, Julia Grace Waleleng. 2015. “Komunikasi Informasi Dan Edukasi (Kie) Sebagai Bentuk Sosialisasi Program Keluarga Berencana (Kb) Di Kelurahan Tingkulu Kecamatan Wanea Manado.” Journal Acta diurna Volume IV. No.1. Tahun 2015 IV(1).

Paradina, Nimas Novita. 2014. “Strategi Komunikasi Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana Dalam Partisipasi Pasangan Usia Subur Pada Program Keluarga Berencana Di Kota Samarinda.” e Journal Ilmu Komunikasi 2(3): 258–67.

Putri, P. K. D. 2012. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Sikap, Dan Terpaan Iklan Layanan Masyarakat KB Versi Shireen Sungkar Dan Teuku Wisnu Di TV Terhadap Perilaku KB Pada Wanita Atau Pria Dalam Usia Subur.” Interaksi,.

Susanti, Herdiana Ayu. 2015. “Strategi Komunikasi Badan Kependudukan Dan Keluarga

Berencana Nasional (BKKBN).” Jurnal ASPIKOM 2(4): 243.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga. 2(5): 255.

Downloads

Published

2023-05-22

How to Cite

Holiseh Holiseh, Evi Satispi, Diaz Tarakarti Gusman, Shafira Azahra, & Risya Amalia. (2023). Strategi Komunikasi BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) Melalui Program Keluarga Berencana. Jurnal Akuntan Publik, 1(2), 14–28. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i2.310