Efektivitas Penggunaan Aplikasi PLN Mobile Pada Bagian Pelayanan Pelanggan Di PLN UP3 Binjai

Authors

  • Annio Indah Lestari Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ayu Lestari Sitio Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Cai Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Leni Lastrian Nahulae Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59581/jka-widyakarya.v1i4.1409

Keywords:

Effectiveness, PLN Mobile, PT PLN UP3

Abstract

  1. PLN (Persero) UP3 Binjai is one of the PLN units responsible for the electricity distribution function. In the electricity business, its position is as an interface with customers. The aim of this research is to determine the effectiveness of using the PLN Mobile application in the customer service section at PLN UP3 Binjai. In collecting research data, a qualitative method was used consisting of interviews and observations as well as literature review, interviews were conducted to PLN employees in the customer service department and PLN mobile users. The results of the research are that the PLN Mobile Application is quite good and very useful for UP3 Binjai customers to fulfill electricity needs, complaints and grievances, however, socialization is not yet evenly distributed so that there are still PLN customers UP3 Binjai who have not used the PLN Mobile application. Apart from that, the PLN Mobile application also has a positive impact on both customers and PLN employees because it will be more effective and save time and energy for both customers and employees in resolving customer complaints.

References

Firananda, Novi. 2016. Kualitas Pelayanan PT.PLN (PERSERO) Rayon Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Universitas Hasanuddin.

Fitzsimmons & Fitzsimmons. 2006. Service Management. McGrawHill: Singapore. Guritno, P. 2013. Menanamkan dan mengubah Budaya Organisasi di Perusahaan.

Fujianto, Aruf. 2019. Analisis Kepuasan Pengguna Akhir Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) Berdasarkan Prospektif Pelanggan PT.PLN (Persero) UP3 Jember. Skripsi Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Jember.

Griffin, (2005), Customer Loyalty, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Harkiranpal Singh. (2006).The Importance of Customer Satisfaction in Relation to Customer Loyalty and Retention

Kotler & Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga: Jakarta.

Kotler. 2017. Manajemen Pemasaran. New Jersey: Prentice Hall.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.

Moenir. 2015. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nanda, Fachry Surya. Inovasi Pelayanan Publik (Studi Pelaksanaan PLN Mobile di PT. PLN (Persero) Area Pekalongan Rayon Pekalongan Kota). Thesis Universitas Brawijaya.

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Nasution, Muhammad Yusuf. 2022. Pengaruh Nilai Pelanggan dan E-Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Melalui PLN Mobile Pada Listrik Rayon PT.PLN (persero) Unit Layanan Pelanggan Medan Baru. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Universitas Sumatera Utara.

Handoko, R. S. (2006). Analisis Pengaruh Kredibilitas Endorser dan Kreatifitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan yang Mempengaruhi Sikap Terhadap Merek (Studi Kasus Iklan Televisi Pada Konsumen Sepeda Motor Honda Di Kota Semarang). Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Maulana, M., & Rachman, B. (2016). Harga pembelian pemerintah (HPP) gabah-beras tahun

: Efektivitas dan implikasinya terhadap kualitas dan pengadaan oleh Dolog. Analisis Kebijakan Pertanian, 9(4), 331–347

Barkley, Bruce, and James H. Saylor. Customer-driven project management: A new paradigm in total quality implementation. McGraw-Hill Companies, 1994.

Tjiptono, Fandy. "Manajemen Jasa, Penerbit ANDI, Yogyakarta.. 2001." Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kelima. ANDY OFFSET Yogyakarta (1996).

Piyanieta. (2016, Agustus 22). Apa Itu Aplikasi Mobile? p. COMPRO.

Antony. (2016, July 09). Manfaat Penggunaan Aplikasi Mobile dalam Bisnis

Alma, Buchari. "Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesepuluh." Penerbit: Alfabeta, Bandung (2013).

Hidayati, Ika Rahma. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan Elektronik, dan Promosi pada Aplikasi PLN Mobile terhadap Kepuasan Pelanggan PT. PLN Distribusi Jawa Timur di Surabaya. Diss. UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945, 2018.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Annio Indah Lestari Nasution, Ayu Lestari Sitio, Cai Siregar, & Leni Lastrian Nahulae. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi PLN Mobile Pada Bagian Pelayanan Pelanggan Di PLN UP3 Binjai . Jurnal Kendali Akuntansi, 1(4), 388–396. https://doi.org/10.59581/jka-widyakarya.v1i4.1409

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.