Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Grab Pada Masyarakat di Kota Semarang

Authors

  • Adika Rahmanto Universitas PGRI Semarang
  • Heri Prabowo Universitas PGRI Semarang
  • Henry Casandra Gultom Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v2i2.3021

Keywords:

Promotion, Service Quality, Loyalty, Customer Satisfaction

Abstract

The very rapid development of information and communication technology has brought major changes in various aspects of life, one of which is transportation. In today's digital era, things are made easier for people by the existence of various online transportation services, one of which is Grab. Grab is one of the largest online transportation services in Indonesia, and Grab is very widespread, one of which is in the city of Semarang. Grab offers various transportation services, such as cars, motorbikes, taxis and goods delivery. This research uses quantitative research methods, and the sampling technique uses Non-Probability Sampling. The population in this research is Grab application customers in the city of Semarang. The number of samples taken was 100 respondents. This research uses quantitative analysis techniques. The presentation in this technique is the influence of service quality, level of customer satisfaction and promotion on customer loyalty of the Grab application among people in the city of Semarang. The data obtained in this research was then processed using SmartPLS 3

References

David. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Transportasi Online Grab. AGORA, 6.

Dewa, G. W. (2021). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan grab di kota denpasar . Jurnal manajemen, kewirausahaan dan pariwisata, 13.

Dwiridotjahjono, N. N. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online Gojek Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel OIntervening : Studi Pada Mahasiswa FISIP UPN Veteran Jawa. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah, 19.

Hardi, V. (2021). Pengaruh Kinerja Layanan dan Promosi OVO Terhadap Keputusan Penggunaan Dompet Digital OVO (Survei Pada Masyarakat Surabaya). Commercium, 12.

Imelda Aprileny, A. R. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan . Jurnal STEI Ekonomi ( JEMI ), 17.

Innes Hernikasari, H. A. (2022). Determinasi Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Analisis Harga dan Kualitas Produk Review Manajemen Pemasaran. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 14.

Kusumadewi, I. K. (2024). Peran Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-jurnal Manajemen, 20.

Marsha, D. (2017). Dampak Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Minat Beli Ulang Makanan Melalui Jasa Gojek di Kota Malang. Jurnal Universitas Islam Malang, 16.

Rahmatika, M. S. (2020). Pengaruh Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Layanan Grab Food di Jombang. Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis, 16.

Rida Ashka Tsalisa, S. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Binsis, 8.

Satria Abdi Pratama Yudha, R. A. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab Food. E-jurnal Riset Manajemen, 14.

Sinurat, J. S. (2020). Analisis citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya pada loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa transpormasi online grab di kota medan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 9.

Soenhadji, S. A. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan, Harga dan Distribusi Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Aplikasi Food Delivery Dengan Menggunakan Variabel Mediasi Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 15.

Sukrisna, M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Nilai, dan Persepsi Kegunaan, Terhadap Minat Berkelanjutan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Dompet Digital (E-Wallet) OVOI di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 11.

Sulistyowati, W. (2023). Pengaruh permintaan harga, promosi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada transportasi online . Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 11.

Suryanata, I. B. (2021). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Image Grab Dengan Kepuasan Konsumen . E-jurnal Manajemen, 23.

Vicramaditya, P. B. (2021). Pengaruh kualitas layanan elektronik, kualitas informasi dan persepsi nilai terhadap loyaloitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan ojek online . Journal Of Business And Banking , 17.

Downloads

Published

2024-04-22

How to Cite

Adika Rahmanto, Heri Prabowo, & Henry Casandra Gultom. (2024). Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Grab Pada Masyarakat di Kota Semarang. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 2(2), 232–242. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v2i2.3021

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.