Keefektivan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X.3 SMA Negeri 14 Maros

Authors

  • Naldi Naldi [email protected]
  • Dian Safitri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sadriana Ayu
  • Nasir Nasir Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i1.2703

Keywords:

Discovery Learning, Learning Outcomes, Informatics

Abstract

The study aims to determine the effectiveness of the discovery learning learning model in improving informatics learning outcomes of grade X. 3 students of SMA Negeri 14. The Classroom Action Research Method (PTK) is implemented in two cycles. The subjects of the study consisted of 34 students of grade X.3. Collection techniques include documentation, observation, and tests. From the results of the study, it can be concluded that the Discovery Learning Model learning model is very effective when applied in the classroom.

 

References

Detik Bali. 2022. “ Discovery Learning Adalah: Pengertian, Manfaat dan Penerapannya”. Tersedia: https://www.detik.com/bali/berita/d-6411929/discovery-learning-adalah- pengertianmanfaat-dan-penerapannya. (10 November 2023).

Josephine dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran 3 Smk Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. Vol.1, No.1 Hal: 14 – 35.

Maulina dkk. 2022. Pengembangan Model Discovery Learning dengan model Group Investigation Pada Mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Hal: 199 211.

Ramadhani, A, H. 2021. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning pada Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2– No. 1 Hal: 96-102.

Raden intan repository. Bab II Landasan Teori, Hasil Belajar. Diakses pada 6 Desember 2023 dari http://repository.radenintan.ac.id/1691/5/Bab_II.pdf

Rifqi Mulyawan. Pengertian informatika. Diakses 6 Desember 2023 dari https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-informatika/

Yuliana, N. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 2 Nomor 1 Hal: 21 – 28.

Kusuma, Y, Y. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4. Halaman 1460-1467.

Echo Pramono. (2021). Diakses pada

November 2023 dari https://fkip.umko.ac.id/2021/05/31/mengenal-model-pembelajaran-discovery-learning/.

Sereciliouz. (2021). Diakses pada 10 November 2023 dari https://www.quipper.com/id/blog/infoguru/discovery -learning/.

Vindiasari Yunisha. (2023). Diakses pada 10 November 2023 dari https://www.ruangkerja.id/blog/discovery-learning

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Naldi Naldi, Dian Safitri, Sadriana Ayu, & Nasir Nasir. (2024). Keefektivan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X.3 SMA Negeri 14 Maros. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 226–235. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i1.2703

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.