THE INFLUENCE OF HOTEL IMAGE AND TRUST ON GUEST LOYALTY AT GRAND BASKO HOTEL PADANG

Authors

  • Rian Mulawarman Padang State University
  • Stephanie Vivian Yuricha Padang State University
  • Roni Hermanto Padang State University
  • Feri Ferdian Padang State University

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmpp-widyakarya.v1i2.473

Keywords:

Hotel Image, Trust, Loyalty

Abstract

This study aims to determine the effect of hotel image and trust on guest loyalty at Grand Basko Hotel Padang. This research method uses quantitative descriptive research with a causal associative approach, data collected through surveys of guests who have stayed at Grand Basko Hotel Padang using 98 respondents from a population of 7,560 guests staying at Grand Basko Hotel Padang because the sample determination based on the type of non-probability sampling used is purposive sampling technique. Based on the results of data analysis using Smart PLS with the results of Cronbach's each variable 4.245, 9.506 and 4.446 shows that hotel image has a positive and significant effect on guest loyalty, as well as hotel image has a positive and significant effect on trust and trust also has a positive and significant effect on guest loyalty, on the mediating variable hotel image has a direct effect on customer loyalty and indirectly affects customer loyalty through trust as the mediating variable.

References

Apsari, F. A., & Novitaningtyas, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Dimensi Servqual Terhadap Loyalitas Tamu Hotel Sarasvati. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(3), 107–118

Bintaro, A., Nrwatti., Kristiadi, A. A (2021). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN HOTEL. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 1327.

Chandra Eddy Thungasal, D. I. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL KASUARI. AGORA, JURNAL MAHASISWA BUSINESS MANAGEMENT, 2.

Dewi Nur Setiyaningsih, D. K. (2014). PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN DENGAN SWITCHING COST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI . E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 5-6.

Dr. Ir. Hotlan Siagian, M. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL KASUARI. AGORA, JURNAL MAHASISWA BUSINESS MANAGEMENT, 2.

Farah Afra Apsari, I. N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Ditinjau dari Dimensi Servqual terhadap Loyalitas Tamu Hotel Sarasvati. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sumber Daya Manusia, 109.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020b). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 173.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020a). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020b). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.

Ida Ayu Mirah Sekarwangi, K. A. (2023). PERAN BRAND IMAGE SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH KUALITASLAYANAN TERHADAP CUS TOMER LOYALTY PELANGGAN INDIHOME KOTA DENPASAR . E-JURNAL EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA, 788.

Ishak, A., & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas: Studi tentang peran mediasi switching costs. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1).

Ivo Novitaningtyas, B. R. (2021). ANTESEDEN LOYALITAS TAMU PADA HOMESTAY DI KAWASAN BALAI EKONOMI DESA (BALKONDES) BOROBUDUR. jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 4.

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 1–19.

Ni Ketut Rahayu Laksmi Uttami, I. K. (2014). PERAN CITRA HOTEL DAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 521.

Pangkey, T. P. (2013). ANALISIS SERVICESCAPE TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG PADA HOTEL . Jurnal EMBA , 235-236.

Prabowo, H. (2021). KEPERCAYAAN DAN FASILITAS DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN DI HOTEL GRASIA SEMARANG. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan , 63.

Rombe, E. (2011). HUBUNGAN CITRA HOTEL DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN:SURVEI PELANGGAN HOTEL MELATI DI SULAWESI TENGAH. BismaJurnal Bisnis dan Manajemen, 94-95.

Tahalele, M. C. (2017). Pengaruh kualitas layanan, Citra Hotel terhadap kepuasan yang berdampak pada niat berperilaku pelanggan Hotel Amboina di kota Ambon. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 2(2), 127–142.

Uttami, N., Rahyuda, I. K., & Wardana, I. M. (2014a). Peran Citra Hotel dan Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Hotel Melati Dikawasan Wisata Kuta. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 3(2014), 520–532.

Uttami, N., Rahyuda, I. K., & Wardana, I. M. (2014b). Peran Citra Hotel dan Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Hotel Melati Dikawasan Wisata Kuta. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 3(2014), 520–532.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Rian Mulawarman, Stephanie Vivian Yuricha, Roni Hermanto, & Feri Ferdian. (2023). THE INFLUENCE OF HOTEL IMAGE AND TRUST ON GUEST LOYALTY AT GRAND BASKO HOTEL PADANG. Jurnal Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 96–109. https://doi.org/10.59581/jmpp-widyakarya.v1i2.473

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.