Keputusan Menginap Di Hotel Kartika One Jakarta Yang Dipengaruhi Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Promosi

Authors

  • Doni Alfredo Universitas Asa Indonesia
  • Aris Budiono Universitas Asa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmpp-widyakarya.v1i3.757

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara retensi pelanggan dengan kualitas layanan, kualitas produk, dan upaya pemasaran. Dalam penelitian ini, semua tamu Hotel Kartika One Jakarta dianggap sebagai bagian dari populasi sampel. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 orang ditentukan melalui pemilihan secara acak. Kuesioner digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan informasi dalam penelitian ini. Setelah survei selesai, regresi linier berganda digunakan untuk memeriksa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kualitas produk yang ditawarkan tidak berpengaruh signifikan terhadap retensi pelanggan, namun kualitas layanan berpengaruh signifikan. Variabel promosi juga secara signifikan mempengaruhi pilihan retensi. Ketika dipertimbangkan bersama-sama, kualitas layanan, kualitas produk, dan kualitas iklan memiliki dampak 69,7% terhadap retensi pelanggan. Sisanya sebesar 30,3% mencerminkan faktor yang tidak diketahui yang diabaikan dalam analisis.

References

Andika, N., & Mifdlol, A. (2023). Pengaruh Penerapan Prinsip Syariah, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen Menginap dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Menginap Di Hotel Ibrahim Syariah Kota Semarang). MABNY : Journal of Sharia Management and Business Vol.3 No.1

Apriani, P., & MH Nainggolan, B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di Morrissey Hotel Jakarta. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2445–2456.

Asubonteng, P., Mccleary, K. J., & Swan, J. E. (1996). SERVQUAL revisited: A critical review of service quality. Journal of Services Marketing, 10(6), 62–81.

Budiono, Aris. (2022). Employee performance analysis of Paul Bakery Restaurant in Jakarta during the COVID-19 pandemic by measuring leadership, motivation and compensation through job satisfaction. Turyzm/Tourism. Vol. 10, 146-157.

Chen, Y. C., Shang, R. A., & Kao, C. Y. (2009). The effects of information overload on consumers’ subjective state towards buying decision in the internet shopping environment. Electronic Commerce Research and Applications, 8(1), 48–58.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas, Produk, dan Kepuasan Pelanggan.

Garvin, D. A. (1986). Quality Problems, Plicies, And Attitude In The United States And Japan: An Exploratory. In Academy o/Manogemenl Journal (Vol. 29, Issue 4).

Gilmore. Audrey. (2003). Services Marketing and Management.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV Alfabeta.

Kazemi, A., Hosseini, S. Y., & Moradi, M. (2013). An Analysis of Influential Factors of Brand Equity and Its Impact on Consumer Buying Decision-The Selected Branches of Mellat Bank in Bushehr City as Case Study. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(11).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (12th ed.). Erlangga.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. .

Lovelock, C., Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. (2010). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi.

Parasuraman, Zeithaml, a, V., & Berry, l, L. (1988). servqual: a multiple-item scale for measuring consumer perception of service quality. Pathologie Biologie, 31(5), 446–450.

Puji Hastoko, Y., & Jakarta, S. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi terhadap keputusan menginap di hotel POP Kelapa Gading. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9).

Reid, R., & Bojanic, D. (2006). Hospitality Marketing Management.

Theolina Sitorus, O., & Program Studi Perhotelan Politeknik Mandiri Bina Prestasi ABSTRAK, D. (2019). Jurnal Manajemen Tools Pengaruh Kualitas Produk Hotel Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Grand Inna Medan. 11(2).

Younus, S., Rasheed, F., & Zia, A. (2015). Identifying the Factors Affecting Customer Purchase Intention. Type: Double Blind Peer Reviewed International Research Journal Publisher: Global Journals Inc, 15

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Doni Alfredo, & Aris Budiono. (2023). Keputusan Menginap Di Hotel Kartika One Jakarta Yang Dipengaruhi Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(3), 01–13. https://doi.org/10.59581/jmpp-widyakarya.v1i3.757

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.