Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sman 5 Cilegon

Authors

  • Sohibudin Sohibudin FKIP Universitas Bina Bangsa Serang Banten
  • Desty Endrawati Subroto FKIP Universitas Bina Bangsa Serang Banten
  • Mohamad Bayi Tabrani FKIP Universitas Bina Bangsa Serang Banten

DOI:

https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1244

Keywords:

The Effect of Development, Autoplay Media Studio, on Learning Outcomes

Abstract

This research is motivated to reduce the boredom experienced by students when participating in the teaching and learning process of Pancasila and citizenship education in class. Students no longer only sit, stay silent and listen to stories from the teacher, but students can interact directly with learning media based on Autoplay   Media Studio 8 because in this learning media in addition to learning materials, there are also animations, images, videos, sounds and flash so that they can build new interests, arouse motivation and stimulate student learning activities.

References

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Abdulhak, Ishak, dan Deni Darmawan, D. 2017. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Afandi, Muhammad dan Badarudin. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009 Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis dan Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Azhar, Imam. 2013. Perencanaan sistem Desain Pembelajaraan. Lamongan: STAIDRA

Chaeruman. 2008. Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2018. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018. Jakarta

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algesindo

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Hamruni. 2011.Strategi Pembelajaran. Jogyakarta: Insan Madani.

Herwina, Bahar. 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Terpadu Dalam Pendidikan Karakter.

Iskandar, Wiryokusumo. 2011. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara.

Kaelan. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogjakarta: Paradigma.

Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Modul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013. Jakarta. CV Putra Nugraha.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI, edisi Revisi 2017. Jakarta. CV Putra Nugraha.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual; Konsep dan Aplikasinya. Bandung: PT.Refika Aditama

Margaret S Branson, dkk. (1999). Belajar “ Civic Education” dari Amerika (terjemah) Yogyakarta : Kerjasama LKIS dengan dukungan The Asia Foundation (TAF).

Masruri. 2011. Presentasi Interaktif dengan Autoplay Media Studio, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Munir. 2013. Multimdia; Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Mulyatingsih,Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung. Alfabeta

Oemar Hamalik. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Ridwan, Abdullah Sani.2 015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rohman,Muhammad dan Sofan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pusataka

Sagala, Saiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Sanjaya,Wina. 2008. StrategiPembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Persada Media.

Sanjaya,Wina. 2018. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta:Perdana Media Group.

Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Salma Prawiradilaga, Dewi.2009. Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta

Sudjana, N., 2000. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Sukmadinata.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Suryani, Nunuk dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Somantri, Nu’man. 1976. Metode Mengajar Civics. Jakarta: Erlangga.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-09-05

How to Cite

Sohibudin Sohibudin, Desty Endrawati Subroto, & Mohamad Bayi Tabrani. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sman 5 Cilegon. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(3), 51–62. https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1244

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.