Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Unit Ground Handling PT. Kokapura Cabang Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang

Authors

  • Ririn Putri Setia Cahayanti Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Suprapti Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i5.1154

Keywords:

Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan, Ground Handling.

Abstract

Dengan berkembangnya zaman dan teknologi, suatu perusahaan akan melakukan perubahan organisasi yang dirancang untuk memungkinkan perusahaan bertahan dan bersaing dengan perusahaan lain. Oleh karena itu diperlukan kinerja yang baik dari setiap orang yang ada di dalam organisasi. Salah satu masalah utama sumber daya manusia adalah bagaimana cara terbaik untuk meningkatkan kinerja karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan unit Ground Handling PT. Kokapura cabang bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan unit Ground Handling PT. Kokapura cabang bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. (3) Untuk mengetahui bagaimana lingkungan kerja dapat mempengaruhi kinerja karyawan unit Ground Handling PT. Kokapura cabang bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.Untuk menganalisis seberapa besar pengaruh fasilitas ruang tunggu  terminal terhadap kepuasan penumpang Bandar Udara Internasional Lombok Nusa Tenggara Barat.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana, uji T, dan Koefisien Determinasi (R2). Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan, leader, supervisor, dan manager unit Ground Handling PT.Kokapura Cabang Internasional Ahmad Yani Semarang yang jumlahnya pengambilan sebanyak 23 responden.

Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung sebesar 26.130 dengan taraf signifikasi sebesar 0,01 < 0,05. Yang memiliki arti bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Sehingga disimpulkan Ha diterima dan Ho diterima maka terdapat pengaruh diperoleh koefisien determinal R Square yaitu sebesar 0,194 atau sebesar 19,4%  dan sisanya 81% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel dalam penelitian ini. Dan hasil penelitian ini memberikan pengertian bahwa lingkungan kerja merupakan factor penting yang harus dijaga dan diatur dengan baik karena dapat memberikan pengaruh terhadap tercapainya kinerja karyawan pada unit ground handling PT.Kokapura cabang Internasional Ahmad Yani Semarang.

References

Annex 14 – Aedromes Volume 1. (2013). Aedrome Design and Operation the Convention on International Civil Aviation (ICAO)

Bella, A. (2023, Februari 28). Lingkungan Kerja. Retrieved from Pakdosen.co.id: https://pakdosen.co.id/lingkungan-kerja/

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, (2019). BANDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG (SRG). http://data.jatengprov.go.id/organization/dinas-penanaman-modal-dan-pelayanan-terpadu-satu-pintu-provinsi-jawa-tengah

Evi, S., & Sutarwati, S. (2022). Upaya Meminimalisir Terjadinya Kehilangan Bagasi Oleh Staff Ground Handling PT. Gapura Angkasanpada Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, 4514-4519.

Firdiansyah, A. (2021, Januari 12). Dianggap Pengaruhi Kinerja, Memangnya Apa Itu Lingkungan Kerja. Retrieved from Glints: https://glints.com/id/lowongan/lingkungan-kerja/#.ZFLwz4iyQbR

Herlina, V. (2020). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Nusantara, 46-55.

Isa, NM. (2021). Fasilitas Bandar Udara. http://eprints.itenas.ac.id/1529/5/05%20Bab%202%20222016001.pdf

Keke, Y., & Susanto, P. C. (2019). Kinerja Ground Handling Mendukung Operasional Bandar Udara. Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan, 16(2).

Napitupulu, S. A. (2019, Januari 09). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja pada PT Garuda Indonesia Branch Office Surabaya. Universitas Dinamika.

Nugraha, Y. S. (2022). Analisis Lingkungan Kerja Terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, 1267-1276.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Ririn Putri Setia Cahayanti, & Suprapti. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Unit Ground Handling PT. Kokapura Cabang Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(5), 104–111. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i5.1154

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.