Hubungan Keterampilan Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV UPTD SPF SD Negeri 64 Medde Kabupaten Soppeng

Authors

  • Nurmila Auliya Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Aida Azis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syahruddin Syahruddin Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i2.254

Abstract

Nurmila Auliya. 2023. The Relationship between Reading Skills and Indonesian Language Learning Outcomes for Class IV UPTD SPF SD Negeri 64 Medde, Soppeng Regency. Thesis. Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah Makassar. Supervisor I Sitti Aida Aziz and Advisor II Syahruddin.This study aims to determine the relationship between reading skills and learning outcomes for Indonesian language students in class IV UPTD SPF SD Negeri 64 Medde, Soppeng Regency. This type of research is a quantitative correlation research. The population of this study were all students of class IV UPTD SPF at SD Negeri 64 Medde, Soppeng Regency. The sample of this research is 19 people. Data analysis techniques were carried out using descriptive analysis techniques and correlation analysis between the independent variables and the dependent variable by utilizing SPSS version 23.The results of this study indicate that the correlation coefficient between reading skills and Indonesian learning outcomes is rxy = 0.947, this correlation is included in the very strong category and sig. shows the number 0.000 which shows that there is a significant difference between reading skills and Indonesian learning outcomes because p < 0.05 (0.000 < 0.05). Thus it can be concluded that there is a significant relationship between reading skills and the results of learning Indonesian for class IV UPTD SPF SD Negeri 64 Medde, Soppeng Regency.

References

Agung Sriyanto. 2019. Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dan Sumber Belajar Dengan Hasil belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Asriani. 2018. Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Hasil Belajar Keterampilan Menulis pada Murid Kelas 1 SD Inpres Tumbuh Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar

Bagja, Wahyu. 2018. Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2), 2302-2825

Ediswahyuni. 2017. Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Mengarang Murid Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Inpres Minasa Upa Kota Makassar. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar

Harianto, Erwin. 2020 . Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8.

Hasanah, Uswatun. 2021. Hubungan Antara Minat Baca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Donggulu. Palu : Universitas Tadulako

Komariyah, Sitti., dkk. 2018. Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 55–60.

Mariati. 2018. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas IA SDN 01 Taman Kota Madiun. Jurnal Online Kota Madiun, 1(2)

Marwati. 2016. Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Khair Hartaco Indah Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar

Nurfadilah. 2022. Konsep Keterampilan Membaca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Bandung : Universitas Pasundan

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Miskat, 3(1)

Putri, Sri Eka. 2017. Keterampilan Pustakawan Dalam Mengklasifikasi Bahan Pustaka Dengan Menggunakan Dewey Decimal Classification (DDC) Di Perpustakaan SDN 168 Kessing Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Makassar : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Resnani. 2014. Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 69 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(11), 1689–1699.

Sahan, Putri., dkk. 2021. Hubungan antara Kebiasaan Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di SD Inpres 12/79 Macanang. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 35.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suparlan. 2021. Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Lombok : STIT Palapa Nusantara Lombok

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Nurmila Auliya, Sitti Aida Azis, & Syahruddin Syahruddin. (2023). Hubungan Keterampilan Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV UPTD SPF SD Negeri 64 Medde Kabupaten Soppeng. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 12–21. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i2.254