Ufeminisme dalam Novel Cantik itu Luka Karya Eka Kurniawan

Authors

  • Umar Fajri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Aida Azis Universitas Muhammadiyah Makasar
  • Maria Ulviani Universitas Muhammadiyah Makasar

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i2.413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis feminisme dari aspek psikologi dan aspek sosial yang terdapat di dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang digolongkan dalam penelitian dekskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan. Novel ini diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama dengan cetakan kedua puluh empat pada tahun 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik membaca dan memahami Novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan untuk mengungkap jalan cerita dan maksud pengarang menuliskan cerita tersebut.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan ditemukan 129 data baik feminisme aspek psikologi maupun aspek sosial di dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan. Data feminisme aspek psikologi dan aspek sosialnya berfokus pada tokoh perempuan dalam novel ini, yaitu Dewi Ayu sebagai tokoh utama, Alamanda, Adinda, Maya Dewi dan Si Cantik. Aspek yang menonjol dari kedua aspek psikologi dan aspek sosial terdapat pada aspek psikologi khususnya pemikiran watak (tokoh) memiliki emosi, aksi, dan reaksi, sementara pada citarasa ditemukan di dalam faktor lingkungan, pembawaan dan dipengaruhi oleh umur pada setiap tokohnya, selain itu tekanan perasaan pada kelima tokoh ini juga ditemukan adanya frustasi yang melibatkan perasaan kekecewaan, kesedihan, kepiluan, dan penderitaan yang di alami setiap tokoh.

 

 

References

Ahmad, F. (1999). Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Al-Ghazali & Imam, A. (1980). Ihya’ Ulum ad-Din, Juz VII, (Beirut: Dar al-Fikr) Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djajanegara & Soenarjati. (2000). Kritik Sastra Feminis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Endraswara & Suwardi. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Fakih & Mansour. (2007) Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Heti, P. (2021). Kajian Feminisme Dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan (Doctoral dissertation,Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

MULYATI, R. (2016). Kajian Strukturalisme Genetik pada Naskah Drama Atas Nama Cinta Karya Agus R. Sarjono sebagai Bahan Pembelajaran Drama di SMA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA).

Ningrum, T. U. (2016). Inferioritas Perempuan Dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan. Proposal), Universitas Nusantara PGRI, Kediri.

Ollen Burger et al., (1996). Sosiologi Wanita. Jakarta: Rineke Cipta.

Ratna & Nyoman Kutha. (2009). Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

RASYID, R., & INDONESIA, M. P. B. D. S. KAJIAN FEMINISME DALAM JALAN BANDUNGAN KARYA Nh. Dini.

Rizky, S. (2020). Analisis Semiotika Tentang Humanisme Dalam Novel Origin Karya Dan Brown (Doctoral dissertation, UMSU).

Sari, F. H. (2018). Kajian Feminis Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan (Doctoral dissertation).

Sikana, Mana. (2005). Teori Sastra Kontemporari. Kuala Lumpur. Pustaka Karya.

Siswantoro. (2010). Metode Penelitian Sastra. Surakarta: Pusat Pelajar.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawaca.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Umar Fajri, Sitti Aida Azis, & Maria Ulviani. (2023). Ufeminisme dalam Novel Cantik itu Luka Karya Eka Kurniawan. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 194–202. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i2.413