Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya

Authors

  • Maria Christina Sri Sunarsih SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya
  • Tuty Setijani SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i2.671

Keywords:

Project Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya. Penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah nonequivalent posttes-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya yang berjumlah 72 siswa. Melalui cluster random sampling terpilih sampel kelas II-A sebagai kelas eksperimen dan kelas II-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji statistika yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada berpengaruh pembelajaran model project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar siswa kelas II sd di SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan untuk menerapkan project based learning di sekolah dasar

References

Anggraini, M. N. E., & Azmy, B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V di SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 122-127.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). Pt. Rineka Cipta.

Asri, A. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa Yang Mendapat Pembelajaran Discovery Learning Dan Pembelajaran Inkuiri Di Sekolah Dasar Asri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/322599509.Pdf

Astiar, F. A., & Satianingsih, R. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Melalui Project Based Learning. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 672-679.

Firda, A. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Sdn Kampung Bulak 02 Pada Materi Siklus Air [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. Http://Repository.Upi.Edu/Id/Eprint/54535

Humaira, S. K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Menghafal Do ’ A Sehari-Hari. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kusmaharti, D. (2022). Self Regulated Learning Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Numerasi: Studi Deskriptif. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(3), 395-404.

Maharani, F. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Problem-Based Learning. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(April), 173–184.

Mardhiyah, U., Wanabuliandari, S., Bintoro, H. S., & Kudus, U. M. (2022). Pengaruh Model Pjbl Berbantuan E -Modul Lubuk Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 9(1), 45–50.

Maulidah, R., & Satianingsih, R. (2021). Implementasi Media Flash Card: Studi Eksperimental untuk Keterampilan Berhitung Siswa. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 7-â.

Purba, D. Dkk. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25–31. Http://Journal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/Mathedu

Purnasari, E. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Media Flash Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Protista Di Sma Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9). Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Rachmadtullah, R., Azmy, B., & Susiloningsih, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru SDN Margorejo I Melalui Workshop Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 351-357.

Rani, Lestari, A., Mutmainah, F., Ashak, K. A., Delima, R., Siregar, P. S., & Marta, E. (2021). Pengaruh Metode Pjbl Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Journal For Lesson And Learning Studies, 4(2), 264–270. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpgsd/Article/View/34535

Restiani. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Concept Map Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dan Self Efficacy. In Pendidikan. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Santoso, R. B., & Azmy, B. (2022). Padlet Application-Based Media on Many Facets Building Materials:: Learning Media Innovation for Elementary Schools. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 123-134.

Silpia, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII Mts An-Nur Palangka Raya. Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta.

Syam, A. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas Viii Mts Madani Alauddin Paopao [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. In Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 1, Juni 2017 (Vol. 1, Issue 1). Http://Repositori.Uin-Alauddin.Ac.Id/7671/1/Skripsi Andi Nurannisa Syam.Pdf.

Wahyuningtyas, A. D., & Kusmaharti, D. (2023). Project Based Learning Assisted with Flashcard Media and Mathematics Problem-Solving Ability of Elementary School Students. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 5(1), 15-28.

Yustitia, V. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan masalah Melalui Pengembangan Lembar Kerja Kegiatan Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Wahana, 64(1), 49-58.

Zakaria, Z., Sukomardojo, T., Sugiyem, S., Razali, G., & Iskandar, I. (2023). Menyiapkan Siswa untuk Karir Masa Depan Melalui Pendidikan Berbasis Teknologi: Meninjau Peran Penting Kecerdasan Buatan. Journal on Education, 5(4), 14141-14155.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Maria Christina Sri Sunarsih, & Tuty Setijani. (2023). Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya. Konstanta : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 47–58. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i2.671

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.