Meningkatkan Literasi Siswa Kelas IV Dengan Membudayakan Program Literasi Di SDN 020 Pekanbaru Provinsi Riau

Authors

  • Desri Elvia Yani Universitas Islam Riau
  • Faridatul Hamdiah Universitas Islam Riau
  • Wanda Asizah Universitas Islam Riau
  • Zaki Triadi Putra Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i2.679

Keywords:

Program Literasi, Meningkatkan Literasi Siswa

Abstract

Pogram literasi yang dilaksanakan oleh sekolah mampu untuk meningkatkan minat literasi belajar siswa. Terutama di Kelas IV SDN 020 Pekanbaru, Riau. Sekolah menetapkan program – program literasi yang harus dilaksanakan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatnya minat belajar siswa dari dilaksanakannya program – program yang telah ditetapkan oleh sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan Guru Wali Kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan program yang sudah dilaksanakan mampu meningkatkan minat literasi siswa karena guru wali kelas menggunakan cara – cara yang unik dan sederhana. Upaya untuk mengoptimalisasikan program literasi ini melibatkan orang tua untuk menyokong dan memfasilitasi program literasi ini. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang meningkatkan literasi siswa melalui program yang ditetapkan oleh sekolah dan menjadikan evaluasi bagi sekolah untuk memaksimalkan kekurangan yang terjadi pada program tersebut

References

Hadiansyah, Firman, dkk. (2017). " Gerakan Literasi Nasional". Jakarta : Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan

Han,W., Santoso,D., dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta:

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis pentingnya keterampilan

berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI, 3(2), 243-252.

Maulidina Ana Puspita, Hartatik Sri. " PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR BERKEMAMPUAN TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA". Jurnal Bidang Pendidikan Dasar ( JBPD). Vol 3 No 2

Mustikawati, Estry. " PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM MARKET DAY DI SDIT LHI" Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual. Vol 4 No 3 (2020) : 433-435

Teguh, Mulyo. 2017. Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan

Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti. Jurnal Seminar Nasional, 19.

Toharudin, et.al. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung : Humaniora

Wandasari, Yulisa. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai

Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 334-340.

Widayati, Irin. (2012). " Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya". ASSET Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. Vol 1 No 1.

Yulianti Yoyo. " LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA ". Jurnal Cakrawala Pendas. Vol 3 No 2 (2017) : 23-2

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Desri Elvia Yani, Faridatul Hamdiah, Wanda Asizah, Zaki Triadi Putra, & Febrina Dafit. (2023). Meningkatkan Literasi Siswa Kelas IV Dengan Membudayakan Program Literasi Di SDN 020 Pekanbaru Provinsi Riau. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 171–180. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i2.679

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.